Selasa, 26 November 2013

Jenis-Jenis Restaurant dan Bar

Saya ingin berbagi pengetahuan kepada para pembaca tentang jenis-jenis restaurant, agar pembaca lebih bertambah wawasannya akan jenis-jenis restaurant. Berikut adalah jenis-jenis restaurant yang ada:

1. Formal Dining Room Restaurant

Yaitu suatu restaurant yang umumnya terdapat di hotel-hotel besar, yang penyajian makanannya dilaksanakan secara resmi, terikat oleh suatu peraturan yang ketat. Antara lain, tamu atau pengunjungnya harus berpakaian resmi atau formal (memakai jas dan berdasi untuk pria, memakai gaun/dress untuk wanita) dan tata cara servicenya bisa mempergunakan cara pelayanan ala perancis atau rusia. Peralatan dan dekorasi ruangan di restoran tersebut umumnya agak mewah dan indah.

2. Grilled Room Restaurant
Suatu restaurant yang menyediakan berbagai macam hidangan daging panggang. Grilled room restaurant juga menawarkan kualitas hidangan utama dan pelayanan yang sangat mewah. Oleh sebab itu harga makanan yang disediakan juga sangat tinggi. contoh Grilled Room Restaurant yang ada di jakarta seperti Bluegrass Bar&Grill Restaurant yang berada di daerah kuningan, Jakarta Selatan.


3. Coffee Shop

Perbedaan coffee shop dengan restaurant yang lain adalah pelayanan yang diberikan, yaitu pelayanan yang serba cepat, tidak terlalu formal, makanan telah siap diatas piring, dekorasi tidak terlalu mewah. Disamping itu standart set up peralatan tidak terlalu bervariasi, serta harga makanan yang tersedia tidak terlalu tinggi. Sistem pelayanan: American service (mengutamakan kecepatan). Contoh Coffee Shop yang banyak dikunjungi: Starbucks Coffee.
 
4. Speciality Restaurant
 

Yaitu jenis restaurant dengan nuansa, hiburan hingga uniform berlatar belakang atau mencerminkan suatu suku bangsa atau negara. Contoh: Japanese restaurant.



5. Gourmet Restaurant



Gourmet Restaurant adalah restaurant yang menyelenggarakan pelayanan makanan dan minuman untuk orang-orang yang berpengalaman luas dalam bidang makanan dan minumannya yang lezat-lezat, pelayanan megah dan harga relative mahal.


6. Fish and Chips Shop



Fish and Chips Shop adalah suatu restaurant yang banyak terdapat di inggris, tersedia bermacam-macam kripik (chips) dan ikan goreng, biasanya merupakan ikan cod, yang bungkus dalam kertas untuk dibawa pergi, jadi makanannya tidak dinikmati di tempat itu.


7. Terrace Restaurant


Suatu restaurant yang terletak di luar bangunan, namun umumnya masih berhubungan dengan hotel maupun restaurant induk. Di negara-negara barat pada umumnya restaurant tersebut hanya buka pada waktu musim panas aja.


8. Night Club



Suatu restaurant yang pada umumnya mulai dibuka pada larut malam. Menyediakan makan malam bagi tamu-tamu yang ingin santai, diiringi musik dan tersedia dance floor, terkadang dengan life show.


9. Tavern



Suatu restaurant dengan harga cukup murah yang dikelola oleh perorangan di tepi kota. Suasananya dibuat sangat dekat dan ramah terhadap tamu-tamunya. Sedangkan hidangannya pun lezat-lezat. Tavern masa sekarang pada umumnya adalah tempat penjualan aneka minuman beralkohol yang ada di hotel-hotel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar